Senin, 02 Februari 2009

The San Fransisco Giants Enhance Their Fans’ Experience

The San Fransisco Giants Enhance Their Fans’ Experience
Pengembangan IT pada sarana stadion San Francisco Giant Baseball Team membawa peningkatan pendapatan untuk team. Pengembangan yang dilakukan meliputi:
1.Penggunaan IT untuk operasional stadion. IT digunakan untuk membuat perencanaan dan penjadwalan penggunaan stadion yang selain digunakan untuk pertandingan baseball team San Francisco Giant juga digunakan untuk event lain diantaranya sepak bola, konser, pertunjukan Monster Truck, dan event lain.
2.IT juga dipergunakan untuk kepentingan manajamen team. Pelatih dan scout dapat melakukan pengamatan dan perekaman pertandingan untuk mendapatkan data tentang permainan dan pemain baik dari team sendiri maupun dari team lawan. Sehingga ketika data diperlukan, pihak manajemen dapat melakukan pengolahan data untuk mengambil keputusan baik untuk keperluan managerial maupun pertandingan.
3.Hal yang sangat menarik adalah San Francisco Giant menggunakan IT dalam menambah nilai experience dari fans dengan memudahkan pengelolaan tiket untuk pertandingan. Penjualan tiket dilakukan secara online dan untuk fasilitas stadion baru tiket sudah mulai dijual sejak stadion belum dibangun. Selain itu manajemen San Francisco Giant juga mengaplikasikan “Double Play” yang merupakan sistem yang memungkinkan fans yang sudah memiliki tiket tetapi berhalangan melihat pertandingan dapat menjual kembali tiketnya dengan aman dan nyaman. Penerapan sistem “Double Play” membuat fans yang memiliki tiket terusan mendapatkan benefit sesuai dengan pertandingan yang ditonton saja, dan tidak membuang biaya untuk tiket pertandingan yang tidak ditonton.
Penerapan IT pada pengembangan stadion baru membawa banyak keuntungan baik bagi San Francisco Giant maupun fans. Penerapan sistem “Double Play” merupakan hal yang baik karena dapat mendorong fans untuk membeli tiket terusan dan memudahkan fans dalam memanfaatkan secara optimal tiket yang sudah dibeli. Tetapi di sisi lain penerapan sistem “Double Play” memungkinkan munculnya oknum yang memanfaatkan sistem “Double Play” untuk mendapatkan keuntungan dari menjual kembali tiket kepada penawar tertinggi. Apabila pihak manajemen San Francisco Giant tidak dapat mengontrol penjualan tiket dengan baik, dan terjadi banyak kasus calo, akan merusak reputasi San Francisco Giant dan membuat harga tiket menjadi tidak terkendali.
IT telah meningkatkan pendapatan team hingga tiga kali lipat. Hal ini disebabkan karena IT telah membuat pengelolaan manajemen team dan stadion menjadi lebih baik, efektif, dan efisien. Stadion baru yang dibangun oleh manajemen menjadi lebih optimal penggunaannya karena dengan IT perencanaan dan penjadwalan event menjadi lebih baik. Manajemen team juga dapat diterapkan secara lebih baik dengan adanya data yang tersedia untuk pengambilan keputusan. Dengan adanya data yang baik untuk mengambil keputusan, maka resiko dari sebuah keputusan dapat diminimalisir yang kemudian akan membawa keuntungan bagi team. Penjualan tiket yang merupakan kontributor terbesar pendapatan team juga mengalami peningkatan. Peningkatan pendapatan dari penjualan tiket didukung dengan sistem IT yang memudahkan fan dalam membeli tiket dan memanfaatkan tiket yang dibeli secara optimal. Penerapan sistem “Double Play” juga mendorong fans untuk membeli tiket terusan sehingga okupansi stadion meningkat selama musim pertandingan.

Tidak ada komentar: